AN ERROR ANALYSIS IN USING CORRELATIVE CONJUCTION IN EXPRESSING LIKE AND DISLIKE AT THE EIGHT GRADE

Main Article Content

Mei Hartati Telaumbanua

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Menengah Pertama dan Atas. Berbicara merupakan berbagi informasi manusia kepada orang lain dengan memberikan ide, pendapat, dan saran melalui percakapan. Belajar bahasa kedua merupakan suatu proses yang melibatkan kesalahan. Kesalahan adalah penggunaan kata, tindak tutur, atau unsur tata bahasa sedemikian rupa sehingga tampak tidak sempurna dan signifikan dari pembelajaran yang tidak lengkap. Dalam mengekspresikan suka dan tidak suka digunakan konjungsi korelatif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan dan mencari tahu sumber kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sitolu Ori dalam menggunakan konjungsi korelatif dalam mengekspresikan suka dan tidak suka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan mengikuti prosedur analisis kesalahan yaitu mengumpulkan data, mengidentifikasi kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menjelaskan kesalahan dan mengevaluasi kesalahan. Selanjutnya, informan penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Sitolu Ori yang berjumlah 20 siswa. Data akan dikumpulkan dengan mengambil dokumentasi video siswa yang berbicara tentang ungkapan suka dan tidak suka dan wawancara dengan siswa dan guru bahasa Inggris. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul, “Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Korelatif Dalam Ungkapan Suka dan Tidak Suka Pada Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 3 Sitolu Ori Tahun Pelajaran 2023/2024”

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles