LANGUAGE ACQUISITION PADA ANAK PERIODE LINGUISTIK Artikel ini telah dibatalkan karena terbit dalam dua jurnal yang berbeda
Main Article Content
Abstract
Language Acquisition (pemerolehan bahasa) pada manusia diawali dari anak-anak ketika belajar berbicara. Anak-anak yang mulai bisa mengucapkan bahasa seperti bahasa orang dewasa adalah anak pada periode lingusitik yaitu periode perkembangan bahasa anak usia 1 – 5 tahun. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk menggambarkan language acquisition pada anak periode linguistik. Subjek penelitian adalah anak usia 3 tahun dan 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian mengacu kepada teori Miles and Huberman yaitu deskriptif kualitatif (qualitative descriptive research). Rencana kegiatan yang dilakukan dalam penelitian antara lain: (1) mengambil data pemerolehan bahasa dari anak periode lingusitik; (2) memperoleh data melalui proses observasi, interview dan dokumentasi; (3) mengolah dan menganalisis data berdasarkan teori perkembangan anak tentang tahap pemerolehan bahasa anak periode linguistik faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa anak pada usia 3 tahun dan 5 tahun mengalami tahap perkembangan bahasa yaitu tahap tuturan dua kata, infleksi kata, kalimat tanya dan ingkar dan tahap konstruksi yang jarang dan kompleks. Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak usia 3 tahun dan 5 tahun adalah faktor keturunan meliputi faktor intelegensi dan kepribadian dan faktor latar belakang sosial mencakup hubungan keluarga, status sosial dan lingkungan sekitar.