LANGUAGE ACQUISITION PADA ANAK PERIODE LINGUISTIK Artikel ini telah dibatalkan karena terbit dalam dua jurnal yang berbeda

Main Article Content

Tri Indah Rezeki, Rakhmat Wahyudin Sagala

Abstract

Language Acquisition (pemerolehan bahasa) pada manusia diawali dari anak-anak ketika belajar berbicara. Anak-anak yang mulai bisa mengucapkan bahasa seperti bahasa orang dewasa adalah anak pada periode lingusitik yaitu periode perkembangan bahasa anak usia 1 – 5 tahun. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk menggambarkan language acquisition pada anak periode linguistik. Subjek penelitian adalah anak usia 3 tahun dan 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian mengacu kepada teori Miles and Huberman yaitu deskriptif kualitatif (qualitative descriptive research). Rencana kegiatan yang dilakukan dalam penelitian antara lain: (1) mengambil data pemerolehan bahasa dari anak periode lingusitik; (2) memperoleh data melalui proses observasi, interview dan dokumentasi; (3) mengolah dan menganalisis data berdasarkan teori perkembangan anak tentang tahap  pemerolehan bahasa anak periode linguistik faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa anak pada usia 3 tahun dan 5 tahun mengalami tahap perkembangan bahasa yaitu tahap tuturan dua kata, infleksi kata, kalimat tanya dan ingkar dan tahap konstruksi yang jarang dan kompleks. Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak usia 3 tahun dan 5 tahun adalah faktor keturunan meliputi faktor intelegensi dan kepribadian dan faktor latar belakang sosial mencakup hubungan keluarga, status sosial dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles