PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK

Main Article Content

Mariana, Sutikno

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah efektivitas pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menggunakan pendekatan tematis pada siswa kelas VI SD 104251 Karang Anyar?. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan efektivitas pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menggunakan pendekatan tematis pada siswa kelas VI SD 104251 Karang Anyar. Subjek penelitian terhadap bahan ajar ini adalah validator. Selain itu, yang menjadi subjek penelitian iniĀ  adalah siswa kelas VI SD 104251 Karang Anyar. Objek penelitian ini adalah bahan ajar bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menggunakan pendekatan tematis pada siswa kelas VI SD 104251 Karang Anyar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan tematik efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Bahasa Indonesia, dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum proses pengembangan yaitu sebesar 14,6 yang berada pada kategori kurang, selanjutnya setelah proses pengembangan bahan ajar dan implementasi bahan ajar menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata yang dimiliki siswa yaitu sebesar 26,33. Dengan demikian, rata-rata tingkat pemahaman Bahasa Indonesia yang baik dan benar oleh siswa kelas VI SD 104251 Karang Anyar setelah pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan tematis dapat dikatakan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles