PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini di PAUD RESTU BUNDA. Pemerolehan bahasa pertama sangat erat hubungannya dengan perkembangan kognitif pertama, jika anak dapat menghasilkan ucapan-ucapan yang mendasar pada tata bahasa yang rapi, tidaklah secara otomatis mengimplikasikan bahwa anak telah menguasai bahasa yang yang bersangkutan dengan baik. Kedua, pembicara harus memperoleh kategori kognitif yang mendasari berbagai makna ekspresif bahasa-bahasa alamiah, seperti kata, ruang, modalitas, kualitas dan sebagainya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis terhadap data yang berupa fonologi, frasa dan kalimat yang diperoleh dari responden penelitian. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, dialog, observasi, studi pustaka dan data mengenai pemerolehan bahasa pertama di PAUD RESTU BUNDA. Berdasarkan hasil penellitian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa anak 2 s.d. 3 tahun dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu 1) tahap tuturan dua kata, 2) tahap infleksi dan aglutinatif, dan 3) tahap pola kalimat tanya dan ingkar. Kemudian hasil kesimpulan umum tersebut, disusun kesimpulan khusus dengan cara melakukan penelitian tentang pemerolehan bahasa mengenai aspek-aspek kebahasaan diantaranya adalah aspek fonologi, frasa dan kalimat. Adapun hasil pemerolehan bahasa tersebut yaitu: 1(aspek fonologi anak usia 2-3 tahun pemerolehan fonologi anak sudah sempurna terutama pengucapan pada bunyi vokal dan diikuti dengan bunyi-bunyi konsonan 2) aspek morfem yang paling dominan yaitu morfem bebas. Sedangkan bentuk morfem yang lain hanya beberapa saja yang terdengar, dan 3) aspek diksi anak mulai sangat menonjol ketika anak berusia 3 tahun.
Kata kunci : Fonologi, frasa dan kalimat.
Abstract: THis study aimed to find out and examine the acquisition of the first language in early childhood at PAUD RESTU BUNDA. The acquisition of the first language is very closely related to cognitive development, namely first, if the child can produce speech that is fundamental to neat grammar, it does not automatically imply that the child has mastered the language in question well. Second, the speaker must obtain cognitive categories that underlie verious expressive meanings of natural languages, such as words, space, modalities, qualities, and etc. THis research used a qualitative method with analysis of data in the form of phonology, phrases and sentences obtained from research respondents. Data collection was obtained from interviews, dialogues, observations, literature studies and data on obtaining the first language at PAUD RESTU BUNDA. Based on the results of the study, it can be concluded that the acquisition of language of children aged 2 to 3 years is developed through several stages, namely 1) two-word speach stage, 2) inflection and agglutinative stage, and 3) stages of question and disavowal sentence patterns. Then the results of the general conclusion, compiled a special conclusion by conducting research on the acquisition of language on aspects of language including aspects of phonology, phrases and sentences. The results of then language on aspects of language acquisition were: 1) the phonological aspects of children aged 2-3 years of age obtaining phonology children are perfect, especially pronunciation in vowel sounds and followed by consonant sounds 2) the most dominant aspects of morhemes are free morphes, while other forms of morphes are only a few that are heard, and 3) aspects of child diction begin to be very prominent when children are 3 years old.
Keywords: Phonology, phrases and sentences.