https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/issue/feed JURNAL PENDIDIKAN IPS 2024-11-02T09:15:11+00:00 LP2M lppmumn@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><span lang="id" tabindex="0">JP-IPS adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JP-IPS menerima artikel penelitian yang ditulis oleh dosen, peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan praktisi, jurnal ini diterbitkan setiap bulan November dan Juni dengan E-ISSN. <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1592561042&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2723-3006</a> dan P-ISSN. <a href="http://u.lipi.go.id/1439983896" target="_blank" rel="noopener">2301-7732.</a></span></p> <p>Editor's Address: Abdul Rahman Syihab Campus First Floor Jl. Garu II No. 52 LP2M Secretariat UMN Al Washliyah email. jurnalpendidikanips@umnaw.ac.id website. lp2m-umnaw.ac.id</p> https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3185 POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANAK BANGSA 2024-11-01T09:15:35+00:00 Yenny Kurnia Fitri Harahap, Darajat Rangkuti yenni12@gmail.com <p><em>This research aims to determine the relationship between parenting patterns and the personality of children aged 5 - 6 years in the Integrated Preschool for Children of the Nation for the 2023/2024 academic year. This research uses a quantitative approach which includes a correlation type, the population of this study is 30 children and the sample is 30 children. Because the population was less than 100, the sample was determined using a total sample of 30 children from the questionnaire and interview instrument data. Data analysis uses hypotheses using instruments and product moment correlation formulas. The results of this research show that the calculated t value is 5,434 &gt; t table (1.701). This can be explained correctly by the r table, there is a very significant relationship between parenting patterns and the personality of early childhood children aged 5-6 years in Integrated PAUD Anak Bangsa, Penanggalan District, Academic Year 2023/2024. So with this it can be concluded that the hypothesis can be accepted.</em></p> 2024-06-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN IPS https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3214 PEMBENTUKAN KREATIVITAS WIRAUSAHA ISLAMI MELALUI PROGRAM EDUPRENEURSHIP DI SMP ISLAM PEKALONGAN 2024-11-02T09:15:11+00:00 Inka Mutiara inka.mutiara@mhs.uingusdur.ac.id Arditya Prayogi arditya.prayogi@uingusdur.ac.id <p>Berwirausaha/<em>edupreneurship</em> merupakan hal yang perlu untuk dilatih sedari dini. Selain itu, mental wirausaha juga perlu untuk terus dikembangkan terutama dengan dibarengi dengan upaya-upaya kreatif. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana kreativitas berwirausaha Islami di kalangan siswa dapat dibentuk melalui penerapan program <em>edupreneurship</em> di SMP Islam Pekalongan serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Artikel ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan didukung teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil telaah diketahui bahwa program <em>edupreneurship</em> diterapkan melalui pembelajaran <em>business center</em> yaitu mengajarkan kegiatan praktik bisnis yang dilakukan siswa secara langsung. Langkah-langkah pembentukan kreativitas berwirausaha siswa melalui program <em>edupreneurship</em> dilakukan melalui 4 pendekatan, yaitu pribadi kreatif (<em>person)</em>, pendorong (p<em>ress</em>) , proses (<em>process</em>) dan produk (<em>product</em>). Dilihat dari tahapan atau pendekatan yang dilaksanakan pada pembelajaran program <em>edupreneurship </em>menunjukkan bahwa melalui penerapan program <em>edupreneurship</em> para siswa mempunyai ciri-ciri kreativitas berwirausaha Islami yang diteladani dari Rasulullah saw, yaitu siswa berkreativitas dengan jujur, siswa berkreativitas secara adil, berkreativitas tabligh dapat mengkomunikasikan dengan baik, siswa juga berkreativitas secara fathonah, dan siswa berkreativitas dalam strategi pemasaran. Faktor pendukung pembentukan kreativitas berwirausaha siswa melalui program <em>edupreneurship</em> yaitu minat siswa terhadap program <em>edupreneurship</em>, dukungan guru yang memfasilitasi eksplorasi ide, kerja sama yang baik antara siswa, variasi dalam metode pembelajaran, dan dukungan orang tua siswa. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN IPS https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3325 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PPKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 GONDANG TULUNGAGUNG 2024-11-01T09:15:15+00:00 Moch Daffa Permata Triantama daffapermata89@gmail.com <p><em>Konsep Kurikulum Merdeka membawa perubahan signifikan dalam pendidikan Indonesia. Transformasi Kurikulum dan Pemanfaatan Teknologi ini menciptakan paradigma baru dalam pembelajaran, di mana peserta didik diberikan keleluasaan lebih besar untuk mengelola dan mengarahkan pembelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan media, tingkat kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Augmented Reality pada pelajaran PPKn kelas 5 SD. Peneliti memilih menggunakan model ADDIE karena menawarkan pendekatan yang sederhana namun rinci dan berstruktur sehingga mudah dalam pengembangan produk yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh bahwa pembelajaran di kelas memerlukan penggunaan media dalam proses pembelajarannya. Media simulasi berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan adalah perpaduan antara media cetak dan teknologi yang dijalankan menggunakan smartphone dipadukan dengan gambar dan animasi untuk menampilkan objek simulasi berbasis 3 dimensi untuk memenuhi kebutuhan media dalam membantu peserta didik menerima pelajaran di kelas. Serta validitas dan kelayakan pengembangan media Augmented Reality pada mata pelajaran PPKN, media simulasi berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan menunjukan hasil penilaian ahli media persentase tingkat pencapaian 81%, berada pada kualifikasi sangat valid dan ahli isi/materi persentase tingkat pencapaian 90%, respon siswa diperoleh nilai rata–rata 82%&nbsp; maka media yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “sangat baik”.berada pada kualifikasi sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran didalam kelas berdasarkan hasil uji statistik pada proses pembelajaran di sekolah</em></p> 2024-06-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN IPS