PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perbandingan model pembelajaran cooperative tipe talking stick dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian berjenis studi keperpustakaan yang menggunakan penelitian relevan sebagai sumber data penelitian dengan jumlah populasi keseluruhan adalah 420 orang sedangkan yang ditetapkan sampel berjumlah 218 orang sebagai sampel penelitian. Dari uraian yang tertera dalam hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebesar 78,67 dan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebesar 83,45. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa antara perbandingan model pembelajaran Talking Stick dengan Mind Mapping sebesar 0,94 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick. (2) Terdapat perbandingan antara Model Pembelajaran Talking Stick dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar Siswa.