PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PPKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 GONDANG TULUNGAGUNG
Main Article Content
Abstract
Konsep Kurikulum Merdeka membawa perubahan signifikan dalam pendidikan Indonesia. Transformasi Kurikulum dan Pemanfaatan Teknologi ini menciptakan paradigma baru dalam pembelajaran, di mana peserta didik diberikan keleluasaan lebih besar untuk mengelola dan mengarahkan pembelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan media, tingkat kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Augmented Reality pada pelajaran PPKn kelas 5 SD. Peneliti memilih menggunakan model ADDIE karena menawarkan pendekatan yang sederhana namun rinci dan berstruktur sehingga mudah dalam pengembangan produk yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh bahwa pembelajaran di kelas memerlukan penggunaan media dalam proses pembelajarannya. Media simulasi berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan adalah perpaduan antara media cetak dan teknologi yang dijalankan menggunakan smartphone dipadukan dengan gambar dan animasi untuk menampilkan objek simulasi berbasis 3 dimensi untuk memenuhi kebutuhan media dalam membantu peserta didik menerima pelajaran di kelas. Serta validitas dan kelayakan pengembangan media Augmented Reality pada mata pelajaran PPKN, media simulasi berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan menunjukan hasil penilaian ahli media persentase tingkat pencapaian 81%, berada pada kualifikasi sangat valid dan ahli isi/materi persentase tingkat pencapaian 90%, respon siswa diperoleh nilai rata–rata 82% maka media yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “sangat baik”.berada pada kualifikasi sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran didalam kelas berdasarkan hasil uji statistik pada proses pembelajaran di sekolah