MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Think Pair Share (TPS) melalui workshop di SDN 106820 Kampung Baru pada tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang guru yang mengajar di SDN 106820 Kampung Baru Pancur Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pehitungn persen jumlah guru yang sudah mampu menerapkan TPS dan yang belum mampu menerapkan TPS. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menerapkan Think Pair Share (TPS) dari 12 orang guru, baru (58,33%) guru yang mampu menerapkan TPS pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 10 (83,33%) guru yang sudah mampu menerapkan TPS ; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan TPS, dari 12 orang guru, terdapat 5 (41,67%) guru belum mampu menerapkan TPS pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan TPS menjadi 2 (16,67%) guru yang belum mampu menerapkan TPS secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan TPS dapat ditingkatkan melalui workshop.