PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, bukanlah merupakan kegiatan yang terjadi begitu saja, akan tetapi selalu ada faktor yang mendorong individu untuk berbuat guna mencapai tujuan. Faktor yang mendorong individu untuk berbuat guna memenuhi tujuannya tersebut disebut dengan motivasi. Motivasi akan timbul jika manusia menyadari akan kebutuhannya, sehingga manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Menurut Gerungan (2013:56) ada beraneka macam kebutuhan manusia yang selalu ingin dipenuhi. Salah satu kebutuhan manusia tersebut diantaranya adalah kebutuhan akan pendidikan dan pengajaran. Proses pendidikan dan pengajaran tidak pandang bulu dan dijalani oleh semua usia, baik yang tua apalagi yang muda. SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan sebagai salah satu lembaga pendidikan formal dengan para guru sebagai pendidik mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan bimbingan belajar di sekolah kepada anak didik. Dengan belajar di sekolah, secara sadar atau tidak anak mempunyai suatu tujuan guna memenuhi kebutuhannya yakni kebutuhan untuk memperoleh hasil belajar yang baik sebagaimana yang diinginkannya. Dalam setiap aktititas anak-anak untuk memenuhi kebutuhan tersebut sudah barang tentu tidak terlepas dari berbagai faktor pendorong (motivasi) guna mencapai tujuan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah ada pengaruh antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan TA. 2021/2022", dengan rumusan hipotesis : "Apakah ada pengaruh motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan TA. 2021/2022". Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan yang berjumlah 116 orang yang terdiri dari 3 lokal, dengan pengambilan sampel dilakukan secara acak terstruktur, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 40 orang siswa. Dari hasil analisa data menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh besarnya nilai t(hitung) sebesar 3,19 dan besarnya nilai t(tabel) dk (40-2) = 38 pada a = 0,05 yaitu 1,390. Hal ini bermakna bahwa persamaan regresi Ŷ = 68,03 + 4,91X adalah berarti. Dengan demikian dari hipotesis yang dirumuskan, maka hipotesis yang diterima adalah Hipotesis alternative (Ha) yaitu : Ada pengaruh antara Motivasi berprestasi (X) terhadap Hasil Belajar (Y) diterima kebenarannya, sebab nilai t(hitung) > dari nilai t(tabel) atau 3,19 > 1,390 dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 12,60%.