MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) KOLABORASI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debate dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe T.A 2018/2019”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe yang berjumlah 29 orang siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai penerapan model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debateuntuk meningkatkan keaktifan siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debatedapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I 46,11% dan pada siklus II 85,13%. Dari siswa tersebut menunjukkan bahwa model AIR (auditory, intellectualy, repetition) kolaborasi Active Debatedapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI MAS Insan Kesuma Madani Namorambe. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya.