MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Indah Hairani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Belajar Aktif Tipe Quiz Team yang dilaksanakan di Sekolah SMP Swasta Al-Washliyah 24 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan Sampel penelitian seluruh Siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Washliyah 24 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 42 Siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa pilihan berganda. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa masih dalam kriteria rendah, dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hal – hal sebagai berikut : Pertama, Penerapan Teknik terstruktur dalam dua siklus dapat meningkat secara  signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta al-Washliyah 24 Medan dengan perolehan nilai rata – rata kelas yaitu 82,61 Kedua, siswa lebih merasa senang dalam belajar karena mereka merasa tertantang dan termotivasi dalam pembelajaran  dibuat pertandingan akademis antar kelompok yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Washliyah 24 Medan Tahun Pmbeelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles