MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Selly Ardila, Nurjannah

Abstract

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian berjenis kuantitatif. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Adapunt eknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling jenuh. Dimana seluruh jumlah populasi keseluruhan adalah 34 orang sedangkan yang ditetapkan sampel berjumlah 25 orang sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) sebesar 84,52. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunkan rumus uji-t diperoleh thitung sebesar 3,09 sedangkan ttabel diperoleh untuk N=25 pada taraf signifikan Sebesar 0,49 dengan membandingkan thitung dan ttabe lmaka diperoleh thitung ttabel 3,09 0,49 yang berarti hipotesis penelitian diterima kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun 2021-2022. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles