KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEXTUAL MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan strategi pembelajaran kontextual melalui workshop di SMP S IRA, SMPS Pahlawan, SMPS Azzakiyah Islamic School, SMP Islamiah, SMPS Muhammadiyah 49 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di SMPS IRA, SMPS Pahlawan Nasional, SMPS Azzakiyah Islamic School, SMPS Islamiyah, SMPS Muhammadiyah 49 Kota Medan dengan jumlah 46 guru guru.Teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik perhittungan persentase jumlah guru yang telah menerapkan strategi pemelajaran kontextual dan persentase jumlah guru yang belum menerapkan strategi pembelajaran kontextual. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan strategi pembelajaran kontextual dari 46 guru guru, baru 24 (52,17%) guru menerapkan SPK pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 40 (86,96%) guru yang sudah mampu menerapkan strategi pembelajaran kontextual pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan strategi pembelajaran konstekstual, dari 46 guru guru, sebanyak 22(54,85%) guru belum mampu menerapkan strategi pembelajaran kontextual pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran kontextual, menjadi 6 (13,04%) guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran kontextual secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkat melalui workshop .