HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Biologi di Kelas XII-MIA 4 melalui strategi pembelajaran Berbasis Masalah di SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-MIA 4 SMA Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 36 orang. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan jumlah nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentse jumlah siswa yang belum tuntas.. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Berbasis Masalah dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,36, pada siklus I meningkatkan menjadi 65,28 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,56 (2) terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 58,33% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 88,89% pada siklus II, (3) terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 41,67% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 11,11% dengan kata lain hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 dan selebihnya (32) siswa memperoleh di atas 70.