MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI-B MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI-B melalui Model pembelajaran Direct di UPT SPF SD Negeri 107396 Paluh Merbau pada tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI-B UPT SPF SD Negeri 107396 Paluh Merbau sebanyak 28 Orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan jumlah nilai rata rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Model pembelajaran Direct dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,71, pada siklus I meningkatkan menjadi 63,21 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,07, (2). Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 67,86% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 89,29% pada siklus II,(3). Terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menurun menjadi 32,14% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 10,71% dengan kata lain hanya 3 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (25) siswa memperoleh nilai di atas 70.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.