HYBRID LEARNING : MODEL PEMBELAJARAN ERA DIGITAL

Main Article Content

MUHLIS AHMAD

Abstract

ABSTRAK


Artikel ini memudahkan memberikan informasi kepada pendidik mengenai bagaimana mengaplikasikan pembelajaran yang sesuai dengan gaya dan preferensi sesuai kebutuhan belajar peserta didik. Mengeksplorasi bagaimana dinamika pengajaran serta pembelajaran di Era Digital. Studi ini memberikan kontribusi terhadap diskusi mengenai bagaimana seharusnya pendidikan memosisikan diri dalam perubahan zaman termasuk dalam menghadapi era digital. Melalui penelitian pustaka, peneliti menemukan beberapa aspek penting mengenai pengajaran dan pembelajaran di era digital yakni pembelajaran di era digital memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran siswa pada masa sebelum ini, generasi di era ini adalah mereka yang berkarakter digital native.Siswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana memberikan peluang yang praktis dan realistis, salah satunya dengan menggabungkan beberapa aspek yang terbaik dari pembelajaran konvensional (tatap muka) dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan secara daring (online). Kelas tatap muka dapat digunakan untuk melibatkan para peserta didik dalam pengalaman interaktif, sedangkan kelas online menjanjikan konten multimedia yang kaya akan pengetahuan pada setiap saat, dan di mana saja selama tersedia akses internet. Penggabungan kedua bentuk pembelajaran ini yang dinamakan sebagai Hybrid Learning.


 


Kata kunci: Pembelajaran Hybrid, Era Digital

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
AHMAD, M. (2023). HYBRID LEARNING : MODEL PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 26-31. https://doi.org/10.32696/jip.v4i1.2126
Section
Articles