ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA PERDAMEAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

Main Article Content

Wardiman
Sri Wahyuni

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui rata-rata biaya produksi, pendapatan dan mengetahui kelayakan usahatani padi sawah Di Desa Perdamean. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling berjumlah 30 petani yang melakukan usahatani padi sawah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan rata-rata biaya produksi, penerimaan, pendapatan dan nilai R/C Ratio. Hasil penelitian menunjukkan total biaya rata-rata yang di keluakan oleh petani dalam melakukan usahatani padi sawah di daerah penelitian yaitu Rp. 6.586.115. Sedangkan total penerimaan rata-rata yang diperoleh dari hasil penjualan padi usahatani padi sawah di daerah penelitian yaitu Rp.22.750.000, dan total pendapatan rata-rata yang diperoleh dari usahatani padi sawah di daerah penelitian sebesar Rp.16.163.885. Rata-rata nilai R/C ratio untuk usahatani padi sawah di Desa Perdamean Kecamatan Tanjung Morawa yaitu 3,5 artinnya usahatani padi sawah ini layak untuk diteruskan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abditul, dkk 2015. Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry. Home Industry. Volume 23. No.1.Pracaya, 2016, Budidaya Padi, SundaKelapa. Jakarta.
Soekartawi, et. al, 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.