PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEMASARAN HASIL PERTANIAN: KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DI ERA DIGITAL

Main Article Content

Angga Pradana
Sriwardany

Abstract

Penelitian ini menyelidiki manfaat E-Commerce dan kekurangan e-commerce dalam pemasaran pertanian dengan menggunakan metode analisis bibliometrik. Dalam analisis ini, berbagai artikel akademik, makalah konferensi, dan publikasi ilmiah dikumpulkan. Co-authorship, co-citation, dan jaringan co-occurrence kata kunci membantu mengidentifikasi kelompok penelitian utama. Hasilnya menunjukkan bahwa lapangan memiliki banyak disiplin dan mencakup masalah seperti adopsi, UKM, keyakinan, pemasaran digital, dan inovasi. Karya penting seperti "Difusi Inovasi" oleh Rogers et al. dan "Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia Selatan" oleh Kotler memberikan informasi dasar. Kata kunci yang sering digunakan, seperti "perdagangan", yang menunjukkan bahwa transaksi digital adalah yang paling penting, dan "adopsi", yang menunjukkan bahwa strategi e-commerce diintegrasikan. Selain itu, kata kunci dengan kemunculan yang lebih sedikit, seperti "Media Sosial" dan "Sumber Daya," menjelaskan aspek-aspek wacana yang bernuansa. Temuan ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman tentang dampak e-commerce pada pemasaran pertanian, menawarkan wawasan untuk agribisnis, pembuat kebijakan, dan peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

AbuSabha, R., & Gargin, M. (2019). Berlangganan program pengiriman produk segar meningkatkan asupan dan variasi sayuran tanpa biaya tambahan kepada pelanggan. Jurnal Kelaparan &;
Nutrisi Lingkungan, 14(6), 796–809.

Akinwale, JA, Wole-Alo, F. I., & Oluwole, B. O. (2023). Platform Digital untuk Menghubungkan Investor Pertanian dengan Petani Kecil di Nigeria. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 27(2), 65– 72.





Bhanupratap, Y., Sheikh, MS, Sohail, A., Tushar, M., & Kunal, P. (2017). Festival petani online berdasarkan SOA: ulasan. Jurnal Internasional untuk Penelitian Sains Terapan dan Teknologi Rekayasa, 5(9), 1050–1053.
Budiman, D., Iskandar, Y., & Jasuni, A. Y. (2022). Strategi Pengembangan Generasi Milenial Agri- Socio-Preneur di Jawa Barat. Konferensi Internasional tentang Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi(ICEMAC 2021), 315–323.
Cordano, H. Z., Caballero, AR, & Paraiso, CM (2022). DEMETER pasar online dengan analisis data untuk produk pertanian menggunakan algoritma pemrograman dinamis. 2022 KonferensiInternasional ke-7 tentang Riset Bisnis dan Industri (ICBIR), 538–543.
Iskandar, Y., Ardhiyansyah, A., & Jaman, U. B. (2023). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolahdan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Cicalengka Kota Bandung,Jawa Barat. Konferensi Internasional tentang Pendidikan, Humaniora, Ilmu Sosial (ICEHoS 2022), 453–459.
Juniarso, A., Ardhiyansyah, A., & Maharani, D. P. (2022). Personal Selling dan Green Marketing Strategy Oriflame Company terhadap Minat Pembelian Konsumen: Sebuah Tinjauan Literatur. Konferensi Internasional tentang Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (ICEMAC 2021), 297–304.
Li, X. (2018). Penelitian tentang Strategi Membangun Merek Platform E-commerce untuk Produk Pertanian. 2018 Konferensi Internasional ke-2 tentang Manajemen, Pendidikan dan Ilmu Sosial (ICMESS 2018), 1792–1795.