PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR ORGANIK (STUDI KASUS RUMAH SAYUR KAK HEN DESA BANDAR SETIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN)

Main Article Content

Purnomo Saragih

Abstract

Sayuran organik adalah sayuran yang dibudidayakan secara alami tanpa ada bantuan bahan kimia baik saat pemberian pupuk maupun penyemprotan hama dan pemberian pestisida. Pola konsumsi masyarakat terhadap sayur sekarang harusnya bergeser semakin banyak yang mengkonsumsi sayuran  organik karena lebih bermanfaat dibandingkan sayuran non organic. Sayur organik mengandung lebih banyak vitamin, mineral, magnesium, zat besi, fospor.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden (jenis kelamin, umur, dan pekerjaan) dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sayur organik di rumah sayur kak Hen Percut Sei Tuan.Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dengan responden, yaitu konsumen yang membeli sayur organik dengan menggunakan kuesioner (angket).Metode analisis yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis skala likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik konsumen sayur organik di rumah sayur kak Hen Percut Sei Tuan digambarkan melalui beberapa sebaran.Rata-rata berejenis kelamin perempuan dengan rentang umur 21-30 tahun dengan pekerjaan sebagai Guru.dan Konsumen memiliki persepsi yang sangat baik pada tolak ukur Gaya hidup (92,44%), Kandungan Gizi (90,22%), Lokasi (82,67%), Harga (92,44%), dan Tekstur (90,00%). Sedangkan Kualitas (90,44%), Kemasan (82,44%) termasuk pada kategori sangat baik terhadap keputusan pembelian. Rataan dari keseluruhan perhitungan indeks skor yaitu 88,66%. Maka persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sayur organik didikategorikan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Briliantono, E. 2004. Produk pangan organik kian diminati. Online pada http://www.Bisnis.com/pls/portal30/url/page/home_
Dewi, I. A. R. P., Sudarta, W., & Ustriyana, I. N. G. (2013).Persepsi konsumen terhadap beras organik dan anorganik di toko Satvika Boga Sanur Denpasar.Jurnal Agribisnis dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism).
Hermuningsih, S., & Wardani, K. (2016). Persepsi mahasiswa terhadap metode simulasi online trading di Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 199-207.
HusnaindanS.Haris.2006.MungkinkahPertanianOrganikdiIndonesia?PeluangdanTantangan.Inovasi.Indonesia.Onlinepada:http:/www.inovasionline.com/vol4/xvll 2005 pdf. DiaksesPada Tanggal 8 Mei 2013.