ANALISIS PENDAPATAN USAHA PRODUKSI TAHU PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN SERBA JADI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

  • M.Reno Panca Sukma
  • Leni Handayani
  • Nomi Noviani
Keywords: Pendapatan, Produksi, Usaha Tahu

Abstract

Tahu merupakan menu penting serta aman dikonsumsi oleh semua golongan umur sebagai sumber protein yang relatif murah harganya, potensi pasar tahu cukup besar dan berkembang terus seiring dengan berkembangnya bisnis warung makan dan kuliner.Komoditas pertanian pada umumnya mempunyai sifat mudah rusak sehingga perluh langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu.Fokus penelitian ini adalah mengetahui berapa besar pendapatan yang diterima pengusaha dalam memproduksi tahu pada industri rumah tangga di Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai.Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif, Metode kualitatif dilakukan dengan analisis deskriptif untuk melihat meliputi kegiatan usaha produksi tahu di Industri Rumah Tangga.Sedangkan Metode kuantitatif dilakukan dengan analisis finansial untuk dapat mengetahui besarnya biaya, tingkat pendapatan, dan kirteria-kriteria analisis pendapatan.Penerimaan Usaha Tahu Industri Rumahan Tahu di Kecamatan Serba Jadi mencapai Rp. 23.117.666,-./bulan  dengan total biaya sebesar Rp. 15.911.502,- , dan jumlah produksi dalam 1 Bulan sebesar 900 Papan. Pendapatan yang dihasilkan oleh Industri Rumahan tahu  pada Bulan Agustus sebesar Rp. 7.206.163. Nilai R/C rasio atas biaya total sebesar 1,45 dan nilai B/C rasio atas biaya totalnya sebesar 0,45. Dengan nilai R/C rasio atas biaya total sebesar 1,45 menunjukkan bahwa untuk setiap Rp 1.000.000,- biaya yang dikeluarkan maka usaha produksi tahu memberikan penerimaan sebesar Rp 1.450.000. Berdasarkan penerimaan dan biaya yang dikeluarkan nilai R/C Rasio > 1, sedangkan nilai B/C Rasio 0,45 artinya untuk setiap Rp 1.000.000,- biaya yang dikeluarkan, maka usaha produksi tahu memperoleh keuntungan sebesar Rp 450.000,-.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Milianti, K Nurhaya, A Baso. 2020. Analisis Penggunaan Alsintan Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi Sawah Di P4s Haji Ambona Yanda (Studi Kasus Desa Paku Kecamatan Binuang). Jurnal Peqguruang. Universitas Al Asyariah Mandar.
Nurhayati, 2012. Peranan Industri Tahu Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Kecamatan Payung Sekaki ( Tahun 2006-2010 ) Menurut Perspektif Ekonomi Islam.J urusan Ekonomi Islam Fakultas Syari’ah Dan Ilmu HukumUniversitas Islam Negeri Sultan Syarif KasimRiau
Rustam, W. 2014.Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha tani Padi Sawah di Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tandulako Palu.
Sarwono dan Yan Pieter Saragih. 2005. Membuat Aneka Tempe. Penebar Swadaya. Jakarta. Soekartawi, 2003.Analisis Usaha.Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta
Published
2022-09-20