ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN PETANI PADI SAWAH (Oryza sativa, L)

  • Fachru Razi
  • Sri Wahyuni
Keywords: Luas Lahan, Biaya Produksi, Pendidikan dan Kesejahteraan

Abstract

Produksi padi di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu pada umumnya sudah mencukupi untuk penduduknya sendiri, akan tetapi produksi padi sawah yang tiap tahun mengalami fluktuasi yang disebabkan karena menurunnya luas panen bisa mengganggu kebutuhan pangan, dimana jumlah penduduk di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu setiap tahun akan terus mengalami peningkatan. Maka dari itu luas panen sangat mempengaruhi tingkat produksi yang dihasilkan para petani.Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah petani padi sawah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh luas lahan,  biaya produksi dan pendidikan petani padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Luas Lahan (X1) berpengaruh nyata terhadap kesejahteraan petani. Variabel Produksi (X2) berpengaruh nyata terhadap kesejahteraan petani. Variabel Pendidikan (X3) berpengaruhtidak nyata terhadap kesejahteraan petani padi sawah di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, Abdul. 2016. Analisis Pendapatan Petani Padi Sawah Di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar.
Hasrimi, Moettaqien. 2012. Analisis Pendapatan Petani Miskin Dan Implikasi Kebijakan Pengentasannya.Skripsi. Di Kecamatan Perbaugen, Kabupaten Serdang Bedagai, Tesis Magister Sains. Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Sumatra Utara.Medan.
Mohamad Fathur Rohman, 2017. Analisis Kesejahteraan Petani Padi di Kabupaten Jombang. Jurnal Trisula LP2M Undar (Februari 2017), h. 521-522
M, Fatmawati. 2013. Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Penelitian. Vol.1 No.3 September 2013.
Mohammad Wahed. 2015. Pengaruh Luas Lahan, produksi, Ketahanan Pangan dan Harga Gabah Terhadap Kesejahteraan Petani Padi di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ekonomi Pembangunan (Maret 2015), h. 71-72
Published
2022-09-20