ANALISIS BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN USAHA TERNAK KAMBING DENGAN SISTEM KANDANG DI DESA MELATI KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Main Article Content
Abstract
Ternak kambing merupakan salah satu sumber pendapatan yang penting bagi masyarakat di Desa Melati Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Hal ini disebabkan karena rata-rata penduduk di Desa Melati hanya mengandalkan kegiatan pertanian mereka sebagai sumber pendapatannya. Apalagi dengan kondisi usahatani seperti sekarang ini, biaya produksi semakin meningkat tanpa diimbangi oleh peningkatan harga jual produk yang seimbang. Sudah dapat dipastikan bahwa kondisi perekonomian mereka akan semakin baik. Fokus penelitian ini adalah mengetahui pengaruh biaya produksi, keuntungan dan kelayakan usaha ternak kambing dengan sistem kandang.Metode yang digunakan yaitu Regresi Linier Sederhana.Secara serempak (Uji F) biaya produksi harga pakan, biaya bbit, upah tenaga kerja mempengaruhi terhadap pendapatan peternak kambing sehingga diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 8017202,708 + 0,945X + 0,125, secara parsial biaya produksi (X) memiliki nilai thitung 7.544>ttabel 2,030, Penerimaan rata-rata peternak kambing adalah sebesar Rp. 92.582.857 /tahun, sedangkan biaya rata-rata yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 43.668.571 /tahun dengan demikian pendapatan rata-rata yang diperoleh adalah sebesar Rp. 21.636.571 /tahun
Downloads
Article Details
References
Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara : Jakarta.
Greuning, Hennie Van. Et Al.(2013). International Financial Reporting Standards : Sebuah Panduan Praktis. Jakarta : Salemba Empat.
Ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori Upi. Bandung.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.
Kartasapoetra, A.G. 2003. Teknologi Benih. Pengolahan Benih Dan Tuntunan
Praktikum. PT. RadjaGrafindo Persada. Jakarta.154 hal.
Lau, Peter dan Nelson, Lam. 2014. Akuntansi Keuangan (Intermediate Financial Reporting) : Perspektif Ifrs Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Lau, Peter dan Nelson, Lam. 2014. Akuntansi Keuangan (Intermediate Financial Reporting) Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.
Martani, Dwi. dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (ed. 2, buku 1). Jakarta: Salemba Empat.
Natasya Putri., et. al. 2014. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 11 No. 1 Juni 2014. Hal. 1-6.
Nurhayati, 2017, Peningkatan Kreativitas Pemasaran dan Kualitas Networking Berbasis Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. EKOBIS. ISSN : 1411 : 2280 Vol. 18 No. 2.
Omorogiowa, Omorogbe, Jelena Zivkovic, Fatima Ademoh. 2014. The Role of Agriculture in The Economic Development of Nigeria. European Scientific Journal 10 (4), pp: 133-147. American University of Nigeria.
Priyatno, Duwi,2013.Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta, Mediakom.