Pengembangan Media Mistar Hitung Sederhana Dan Lks Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat di Kelas V SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana mengembangankan Media Mistar Hitung Sederhana dan LKS untuk pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas V SD. 2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan Media Mistar Hitung Sederhana dan LKS untuk pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas V SD. Selanjutnya model tersebut diadaptasi menjadi 3 tahap, yaitu : (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Berdasarkan penjelasan yang terbagi ke dalam 4 aspek diatas, Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media didapatkan persentase sebesar 90%. Persentase ini termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas V SD matematika bilangan bulat. Berdasarkan penjelasan yang terbagi ke dalam 13 pernyataan diatas, Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap Ahli Media mendapatkan persentase sebesar 88,8%. Persentase ini termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas V SD pelajaran matematika bilangan bulat. Berdasarkan penjelasan yang terbagi ke dalam 10 pernyataan diatas, Rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap telaah ahli materi mendapatkan persentase sebesar 85%. Persentase ini termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran Matematika bilangan bulat siswa kelas V SD.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/66
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Meutia, O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/Iv Kota Jambi. (Skripsi). FKIP, Universitas Jambi.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 565–572.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/2656
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti & Aprileni Julina Pulungan (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 31-36. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534
Sukmawarti, & Alvariani, N. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 6(2), 43-51. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1133
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/118/104
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848