Pengembangan Bahan Ajar Mini Book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku di Kelas IV SD

  • Tina Antika Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mini book berbasis pedekatan saintifik pada tema cita-citaku yang layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE hanya sampai pada tahap pengembangan (decelopment). Intrumen yang digunakan untuk menggunakan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa ahli validator ahli materi, validator ahli Bahasa, validator ahli media, dan validator respon guru. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi didapatkan skor sebesar 98 dengan kriteria “Sangat baik”. Dari hasil validasi ahli Bahasa didapatkan skor sebesar 80 dengan kriteria ”Baik”. Dari hasil validai ahli media didapatkan skor sebesar 96 dengan kriteria “Sangat Baik”. Dari hasil validasi respon guru didapatkan skor sebesar 96 dengan kriteria “Sangat Baik”. Rata-rata skor penilaian dari keempat validator ahli yang didapatkan skor sebesar 92,5. Meurut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa ahan ajar mini book berbasis pedekata saintifik pada tema cita-citaku yag dikembangkan “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Andi, Prastowo (2015). Paduan Kreatif Mmebuat Bahan Ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Apriyanti, Rochmiyanti, Supriyadi, Loliyana, (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Lampung
Anggraini, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Materi Bangun Datar kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1),98-110.
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1756
Ansari, I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Hidup Bersih Dan Sehat Kelas II SDIT Syifaurrahmah Kecamatan Patumbak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 273-289.
D Astri, S Sukmawati, (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kleas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).1284-1289. https://doi.org/1.31004/irje.v213.150.
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat, 5(2), 173-184.
Hasanah, F.(2023). Pengembangan Bahan Ajar Buku Tematik Merawat Kearifa Lokal Sumatera. Jurnal Penelitian Pendidikan.2(2).210-238.
https://doi.org/1.31696/eduglobal.v2i2.222
Dian Yunaiti Syara, (2020). Pengembangan Media Mini book Berbasis Dongeng Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 143/IX. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sulhan Thaha Saifudin
Efendi, Mohammad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Kearah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Jean Piaget, (2002). Tigkat Perkembangan Kognitif. Jakaerta, Gramedia
Kunlaftifah , Ummi. (2017). Pengembangan Media Cerpen Dalam Bentuk Mini book Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Makassar: UIN Alauddi Makassar.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 94-104.
Nasution, N.U.H.,& Sukmawarti,s (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Burnaunsa Melayu. Jurnal Inovasi Penelitian,3(4.5953-5962.
http://doi.org.10.47492/jip.v314.2022
Sugiono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-03