Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 1 di SDN 018479

  • siti nur muth mainnah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Experimen (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen (A) dan kelompok kontrol (B). Penelitian ini dilakukan di SDN 018479 air joman baru kabupaten asahan. Populasi dalam penenlitian ini seluruh siswa kelas 1 SDN 018479. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas 1 SDN 018479, yaitu 15 siswa kelas 1A (eksperimen) dan 15 siswa 1B (kontrol). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan menggunakan pretest (awal pembelajaran) dan posttest (akhir pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus uji t. Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh data kelas eksperimen 0,008 < 0,220 dan kelas kontrol -0,097 < 0,220 terlihat bahwa Lo < Ltabel, jadi dapat disimpulkan bahwa kedua sampel kelas berasal dari distribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh data Fhitung = 1,48 < Ftabel = 2,48 maka data hasil belajar tematik siswa dengan menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gamabar memiliki varians yang sama atau homogen. Hasil uji t menunjukkan perhitungan diperoleh thitung = 2,73 sedangkan berdasarkan tabel distribusi t untuk dk n1 + n2 – 2 taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,048, karena thitung =  2,73 > ttabel = 2,048 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media gambar lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media gambar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afni, (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137

https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/66

Fika, N. A. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbantu Powtoon Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 220-231.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Hasanah, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Buku Tematik Tema Merawat Hewan Dan Tumbuhan Berbasis Kearifan Lokal Sumatera. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 230-238.

Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823. https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823 https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.

Lisdayanti Ni Putu, I Kt. Ardana, I. B.Gd. Suryaabadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol: 2 No:1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1962

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848 https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.3848

Rohini.(2010). pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas iv sdn 02 korleko. Jurnal education. 5(2). 75-90.

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsteir-20/125954044 https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10-18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/118

Diterbitkan
2023-05-28