Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda di Sekitarku Siswa Kelas III SD
Abstrak
Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda Di Sekitarku. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran monopoli pada tema benda di sekitarku peserta didik kelas III SD, (2) menghasilkan media pembelajaran monopoli yang layak dikembangkan pada tema benda di sekitarku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and development) dengan menggunakan model pengembangan EDDIE yang mencangkup 5 tahap, yaitu : Analysis (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tetapi penelitian ini hanya sampai tiga tahapan saja yaitu hanya sampai tahap Development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, validator media, ahli pembelajaran (guru kelas III). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor dari penelitian melalui angket, teknik analisis data kuantitatif ini dalam proses validasi dilakukan dalam bentuk angka dengan acuan skor skala likert. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan respon guru.hasil validasi ahli materi yaitu nilai sebesar 90 termasuk kategori baik/layak, hasil validasi ahli media yaitu nilai sebesar 90 termasuk kategori baik/layak, dan respon guru kelas III yaitu nilai sebesar 100 termasuk kategori baik/sangat layak. Berdasarkan presentase dari ahli materi,ahli media, dan respon guru tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh skor dengan nilai sebesar 95 termasuk dalam ketegori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Desyawati,K dkk, Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik, Universitas Pendidikan ganesha:2021 Vol.5 No.2, hal.167-174 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/download/32466/18813
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823
Prastowo, Andi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktik Edisi Kedua. Cet. II Jakarta: Kencana-Prenada Media Group. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1121.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848
Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8il.240
Sugiono(2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, CV
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sukmawarti, Hidayat, Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jamiāatul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207. DOI: https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848