Optimalisasi Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Media Animasi

  • Rita Destini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Al Washliyah 3 Medan tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran Creative Probles Solving (CPS) berbasis media animasi pada materi pokok gerak lurus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui aktivitas belajar fisika siswa dilakukan dengan cara non tes yaitu berupa angket observasi keaktifan siswa, dan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dilakukan dengan cara tes yang berupa soal pada akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 34% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,8%. Peningkatan prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 40% dengan nilai rata-rata siswa 71, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,30% dengan nilai rata-rata siswa 81,17. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis media animasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasis belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X IPAsemester I SMA Al Washliyah 3 Medan tahun pelajaran 2021/2022.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto S, Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Asrori, M. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima
Baharuddin, & Esa, N, W. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 502-514.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95-104.
Minja, H. S., & Mujib, A. Analisis Self Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender di SMP Negeri 3 Kutalimbaru Satu Atap. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 55-59.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Wijaya, W. M. N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Diterbitkan
2023-03-10