Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 108293 Perbaungan

  • Nadya Turrahma Tanjung
Keywords: Aplikasi Kinemaster, Minat Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini melihat apakah aplikasi Kinemaster bisa berhasil meningkatkan minat belajar siswa sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Kinemaster dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan minat belajar terjadi dalam setiap siklus. Pada siklus I pembelajaran hasil evaluasi siswa memperoleh nilai pembelajaran yang  dilakukan tes nilai rata-rata 50%. Pada siklus II memperoleh tingkat keberhasilan 67%. sedangkan pada siklus III siswa memperoleh tingkat keberhasilan 87% yang dimana sudah sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan aplikasi Kinemaster  dapat meningkatkan minat belajar siswa pada tema sehat itu penting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatonah, N. K., & Lisma, E. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Membaca Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 105-112.

Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). “The application of augmented reality in elementary school education”. Research, Society and Development.v. 10, n. 3, ISSN 2525-3409/DOI: https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Istrani dan Intan Pulungan.(2015) Ensiklopedia Pendidikan Jilid I.Medan: L A R I S P A

Rangkuti, C.J.S.,&Sukmawarti.2022. Problematika pemberian tugas matematika dalam pembelajaran daring.IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2),565-572.IRJE:JURNAL ILMU PENDIDIKAN,2(2),565-572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/2656

Reni Ratna Sari,2020.peran guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri 3 Sidodadi kecamatan Pekalongan kabupaten lampung timur. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.2020) diakses Senin, 9 Mei 2022. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/22099

Silvia, L., & Bahri, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kartu Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Swasta Amalia Islamic School Medan Denai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 37-48.

Siregar, R. N., Prabawanto, S., Suparni, S., & Mujib, A. (2022). Faktor Teman Sebaya Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di IAIN Padangsidimpuan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 95-104.

Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Sukmawarti & Hidayat.(2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”.Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020.UMN Al Washliyah. 28 April 2021. https://doi.org/10.32696/jmn.v4il.118

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848

Sukmawarti,Pulungan,AprileniJulina.2020.Pengembangan Bahan Ajar Matematika SDBernuansaRumahAdatMelayu.JurnalPenelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-based Alternative Assessment Development in Elementari School Mathematics. Advances In Sosial Science, Education and Humanities Research, Volume 536. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Sutikno, M.S(2009). Belajar dan pembelajaran “upaya kreatif dalam mewujudkan Pembelajaran yang berhasil”. Cetakan kelima, Bandung: prospect.

Published
2022-12-29
How to Cite
Tanjung, N. T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 108293 Perbaungan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 123-135. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1760