Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas VI SD

  • Fima Ega Dita Br.Tarigan
Keywords: Media Pembelajaran, Explosion Box, Menuju Masyarakat Sejahtera.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwasannya masih ada beberapa kendala seperti, proses pembelajaran yang dilaksanakan pendidik jika dilihat dari segi media masih kurang variatif, Pada waktu pembelajaran guru hanya menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga keterampilan berpikir siswa dalam proses pembelajaran di kelas VI belum terlihat, akibatnya kemampuan berpikir siswa masih kurang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk Mengembangkan Media Explosion Box Tematik Tema Menuju Masyarakat Sejahtera  Kelas VI SD. Dengan adanya Explosion Box peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Reseacrhand Development (R&D) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Analisi (Analysis) Tahap analisis yang dilakukan mencakup tiga hal yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis  karakter peserta didik (2) Perancangan (Design) Acuan dalam penyusunan pembuatan media buku cerita bergambar adalah spesifikasi produk yang telah dibuat, (3) Pengembangan (Development). Pada tahap ini pengembangan media akan dilakukan uji validitas Oleh Ahli media, Ahli materi dan guru. Berdasarkan hasil validasi respon guru  yang terbagi ke dalam 4 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap respon guru terhadap media didapatkan persentase sebesar 95%. Hasil validasi ahli media yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap Validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 82%. Dan hasil validasi ahli materi  yang terbagi ke dalam 5 aspek, penilaian secara keseluruhan terhadap Validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 92%. Persentase keseluruhan dari ahli pembelajaran termasuk cukup layak sedangkan ahli media dan ahli materi termasuk kriteria layak untuk digunakan sebagai media dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas VI SD tema menuju masyrakat sejahtera.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvariani, N. P., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 43–51. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.336

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Erica, & Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Hidayat, & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktid pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15–19. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=GPwQR08AAAAJ&citation_for_view=GPwQR08AAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1–6. https://doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823

Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.

Livia, K. (2019). 8 Ide Explosion Box, Bikin Hadiah Makin Unik & Tak Terlupakan. Diambil dari https://www.idntimes.com/life/diy/klara-livia-1/8-ide-explosion-box-bikin-hadiah-makin-unik-tak-terlupakan

Pras, I. (2020). “Explosion Box”, Kado Tepat untuk Malam Natal dan Tahun Baru. Diambil dari https://www.kompasiana.com/irfanpras/5fe437bf8ede480a396dab52/explosion-box-kado-tepat-untuk-malam-natal-dan-tahun-baru?page=2&page_images=1

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 565–572. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/3848/2656

Siregar, F., Yarshal, D., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Multimedia Powerpoint Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8–15. Diambil dari http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/pedagogi/article/view/238

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31–38. https://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/pedagogi/article/view/240

Sukmawarti, & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288–292. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046

Tanjung, E. S., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbeasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 70-81.

Published
2022-12-29
How to Cite
Br.Tarigan, F. E. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas VI SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 111-122. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1758