Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Tubuhku Di Kelas I SDN No 106842 Taban

  • Fina Dwi Utami
Keywords: Model Picture and Picture, Hasil Belajar Tematik Tema Tubuhku.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar tematik tema tubuhku menggunakan model Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desain Pre Eksperimenmental Design dengan bentuk One-Group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I dari SDN No 106842 Taban. Sampel penelitian ini berjumlah 19 siswa yang dipilih berdasarkan teknik nonprobability sampling dengan jenis total sampling/sampling jenuh. Berdasarkan analisis, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa yaitu 64,526 sedangkan nilai rata-rata posttest siswa yaitu 79,579. Hasil perhitungan data diukur dengan uji-t dan diperoleh thitung 11,88119521 > ttabel 2,10092204 pada taraf α 0,05 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar tematik menggunakan model  Picture and picture di kelas I SDN No 106842 Taban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Kadir.(2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib .Vol. 8 No. 2, Juli-Desember

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bambang dan Lina Miftahul Jannah. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dewi, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang dengan Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas III SD Negeri 118272 Aek Kulim Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 3(1), 27-36.

Harahap, R. H., & Lisma, E. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kecemasan Mahasiswa Yang Menghadapi Ujian Skripsi Di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2020/2021. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 113-119.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144

Putri, L., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Pelatihan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Kompetensi Pedagogik terhadap Profesionalisme Guru. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1), 89-99.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmawarti, Erica. (2019). “Model Pembelajaran Picture and picture.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.

Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published
2022-12-29
How to Cite
Utami, F. D. (2022). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Tubuhku Di Kelas I SDN No 106842 Taban . EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 59-69. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1749