Pengaruh Penggunaan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 di Kelas III SD Negeri 25 Medang Baru Kab. Batu Bara T.A 2021/2022

  • Ravani Putri Zega
Keywords: Media Miniatur, Hasil Belajar, Tematik.

Abstract

25 Medang Baru Pada tema 7 materi energi dan perubahannya. Tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media miniatur terhadap hasil belajar pada pembelajaran TEMATIK di kelas III SD Negeri 25 Medang Baru tahun ajaran 2021/2022.   Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Penelitian kuantitatif nonequivalent control group design merupakan penelitian yang membandingkan nilai pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 25 Medang Baru yang berjumlah 31 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pretest kelompok eksperimen yaitu 64,67 dengan standar deviasi 8,450 terlihat meningkat dari hasil postest 74,30  dengan standar deviasi 8,23 bahwa pengguanaan media miniatur berpengaruh terhadap hasil belajar TEMATIK tema 7 siswa, dibandingkan dengan kelompok kontrol bahwa hasil pretest nya rendah begitu juga dengan pretest nya yaitu 60,00 dengan standar deviasi 8,281 dan hasil postest yaitu 71,57 dengan standar deviasi 6,89. Terlihat dari uji hipotesis menunjukkan hasil statistik secara parsialnya bahwa hasil statistik secara parsialnya bahwa nilai 〖T 〗_hitungmedia miniatur = 21,267 maka diperoleh t hitung > t tabel atau 21,267 > 2,048dan signifikan 0,00< 0,05. Dari hasil uji t tersebut Hipotesis Diterima, diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media miniatur terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran tematik tema 7 kelas III SDN 25 Medang Baru Kabupaten Batu Bara T.A 2021-2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). “Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri” Jurnal Math Education Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2017. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Manalu, Effendi. 2016. Strategi Belajar Mengajar Dari Didaktik Metodik Modern Dengan Menumbuh Kembangkan Kognitif Tingkat Tinggi, sikap, dan Keterampilan Kreatif.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar

Safriani, A., Pratiwi, A., Pulungan, K., Sari, N., Anjani, R., Dewi, S. P., & Mujib, A. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menemukan Pola Alternatif dari Perpangkatan Dua Digit Dengan Satuan Satu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 26-33.

Sari, D. U., Mujib, A., & Rosita, T. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sekupang Batam. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2), 329-340.

Slameto, 2013. Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. https://repository.uir.ac.id/4584/5/bab2.pdf

Sukmawarti, Erica. (2021). “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD.” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.

Sukmawarti & Hidayat. (2020). “Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD”. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri, (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa.Pakmas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal: 202-207.

Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534

Wina. 2012: 52), Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/18618/2/BAB%20II.pdfSukawarti, Hidayat, Putri, L.A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Published
2022-12-29
How to Cite
Zega, R. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 di Kelas III SD Negeri 25 Medang Baru Kab. Batu Bara T.A 2021/2022. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 35-46. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1745