Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Provinsi Sumatera Utara yang layak digunakan untuk pembelajaran tematik tema Indahnya Keragaman di Negeriku dikelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan riga tahap. (1) tahap analysis yaitu analisis terhadap kebutuhan bahan ajar, analisis kurikulum dan analisis situasi/siswa, (2) tahap desain yaitu melakukan perancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan. (3) tahap development yaitu melakukan penulisan bahan ajar yang sesuai dengan materi. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan validator ahli bahasa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi dan ahli bahasa, validasi ahli materi diperoleh 81% termasuk kategori valid/layak. Sedangkan validasi ahli bahasa diperoleh 82% termasuk kategori valid/layak. Berdasarkan persentase dari ahli materi dan ahli bahasa, diperoleh rata-rata hasil validasi sebesar 82% termasuk dalam kategori “sangat valid/sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desai Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823.
Mafudi, H.N. (2019). Hubungan Peran Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1-9.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D.A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 248-257.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Darig. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Siregar, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 258-271.
Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD
Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38.
Sukawarti, Hidayat, Putri, L. A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292.
Tanjung, E. S., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbeasis Humanisme Pada Tema Makna Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 4(1), 70-81.