Pengembangan Media Puzzle Bergambar Berorientasi Problem Based Learning Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SD

  • Dwika Fira Yulanda
Keywords: Media Pembelajaran, Puzzle Bergambar, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Puzzle Bergambar berorientasi PBL pada tema Cita-Citaku di kelas IV SD, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Puzzle Bergambar berorientasi PBL pada tema Cita-Citaku di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang mencakup empat langkah yaitu: tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Tetapi penelitian ini hanya membatasi sampai tiga tahapan saja yaitu hanya sampai tahap development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Puzzle Bergambar pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, materi dan ahli pembelajaran bahwa media Puzzle Bergambar layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endang, Mulyatiningsih, (2015). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Haryono, (2014), Pengembangan Media Puzzle Pada Pembelajaran PKn Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayat & Siti Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Math Education Nusantara, Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. (2021). “The application of augmented reality in elementary school education”. Research, Society and Development. v. 10, n. 3, ISSN 2525-3409 | DOI: http://dx.doi.org/10.33448/rsd-v10i3.12823.
Hijjah, N., & Bahri, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 24-32.
Kusuma. (2016). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Nasution, T. F. Z., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 94-104.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Rusman, (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian) Bandung: Alfabeta.
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Shoimin, Aris. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sugiarti, Handayani. (2017). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sukmawarti, Pulungan, Aprileni Julina. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 5 (1), 31-36. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v5i1.534
Sukmawarti, Erica. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Washliyah Medan.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Implementasi worksheet berbasis budaya pada Matematika SD. Makalah disajikan pada Seminar Hasil Penelitian 2020. UMN Al Washliyah. 28 April 2021.
Sukmawarti & Hidayat (2020). “Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics” Proceedings of the First International. Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution 2020. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan.
Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 55-67.
Published
2022-06-30
How to Cite
Fira Yulanda, D. (2022). Pengembangan Media Puzzle Bergambar Berorientasi Problem Based Learning Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 221-232. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1445