Pengaruh Perhatian Orang Tua Pada Masa Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Utsman Bin Affan

  • Raihani Asri
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: perhatian orang tua, hasil belajar, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh perhatian orang tua pada masa Covid-1 dengan hasil belajar siswa kelas IV SDI Utsman Bin Affan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional (korelasi). Penelitian korelasi ini merupakan penelitian yang datanya bersifat kuantitif. Dalam penelitian ini peneliti mengorelasikan variabel x yaitu perhatian orang tua dengan variabel y yaitu hasil belajar siswa di SDI Utsman Bin Affan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Dari perhitungan tersebut diperoleh harga chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 11,558 sedangkan harga chikuadrat tabel pada taraf 5% sebesar dk 9,488 dengan demikian harga chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka ho ditolak. Perhitungan hasil belajar siswa 36 siswa yang menjadi sampel penelitian yang tergolong hasil belajarnya sangat baik pada 10 siswa atau 28%, tergolong baik ada 10 siswa atau 28%, tergolong cukup atau 42%, dan yang tergolong kurang ada 1 siswa atau 2%. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDI Utsman Bin Affan masih tergolong baik. Harga chi kuadrat hitung sebesar 11,558. Untuk mengetahui seberapa besar keterkaitan antara variabel yang satu dengan yang lainnya dapat dihitung dengan kk (koefisien kontingen) yaitu didapat hasil sejumlah 0,496, lalu harga c diubah menjadi phi dengan hasil 0,8726. Mencari nilai df yang diperoleh adalah 34 maka harga rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,329, dengan demikian yang berasal dari interprestasi c 0,8726 lebih besar dari rtabel taraf signifikan 5% dengan ini maka ha diterima, berarti ada pengaruh antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa di SDI Utsman Bin Affan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amase, Siti Nurhidayati, & Siti Rabiatul Adawiyah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MA. Hidayatussibyan NW. Sengkerang Tahun Pelajaran 2013/2014. IKIP Mataram.
Ardiawan, Ketut Ngurah & Gede Teguh Heriawan. (2020). Pentingnya Komunkasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring.Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Danapati : Jurnal Komunikasi Volume 1 No 1.
Hidayah, Mela Nurul. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang Tahun 2018/2019 Pekalongan. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pekalongan.
Mastur, Muhammad. (2020). Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran daring padamasa covid-19. Jurnal pendidikan madrasah ibtidaiyah.Volume 2 nomor 3. Pgmi Universitas islam malang. Malang
Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Purwanto, M.Ngalim. (1997). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Putria, H., Maula L. H., & Uswatun D. A. (2020).Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 861-872.
Ratnawulan, Elis & Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Bandung.
Rohmah, Eliyanti Nur. (2017). Pengaruuh Tingkat Pendapatan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus Putra Serang 2 Wonosegoro Boyolali.Universitas Negeri Semarang.
Saputri, Dessy Indah. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.Vol. 2
Sari, Melani Kartika. (2020). Sosialisasi Tentang Pencegahan COVID-19 Dikalangan Siswa Sekolah Dasar Di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi. Volume 4 Nomor 1.
Slameto. (2019). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta.
Siregar, G M A, Hidayat, Sukmawarti, & M D Siagian. (2021). Evaluation Of Online Learning For Mathematicks Education Students. 1882(2021) 012064. DOI: 10.1088/1742-6596/1882/1/01/2064. SEA-STEM 2020. Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing
Soemanto, Wasty. (2020). Psikologi Pendidikan : Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitaif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2020). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Suryabrata, Sumadi. (2018). Psikologi Pendidikan. Rajagrafindo. Jakarta.
Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.
Umar, Munimarwan. 2015. Peraanan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal ilmiah edukasi.Vol. 1, nomor 1.
Yusmanto, Bagus. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun 2013/2014 Semarang. Semarang : Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang
Published
2022-03-31
How to Cite
Asri, R., & Bahri, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Pada Masa Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Utsman Bin Affan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 199-208. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1193