Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament Dengan Menggunakan Media Permainan Ludo Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101966 Pertangguhan

  • Rindi Dwi Atika Sitorus
  • Saprida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Model Pembelajaran Teams Game Turnament, Permainan Ludo.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran tradisional yang menitik beratkan pada metode ceramah, tidak melibatkan siswa aktif, sangat merugikan siswa dalam penerimaan pelajaran, siswa pasif cenderung sibuk sendiri berbicara dengan teman yang lain, tidak memperhatikan pembelajaran di kelas dengan baik, mengantuk dan bosan serta sebagian siswa tidak mau mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dari Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament dengan Menggunakan Media Permainan Ludo khususnya bagi siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis  data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament dengan Menggunakan Media Permainan Ludo sangat di sukai oleh siswa karena lebih menyenangkan dan juga tidak monoton seperti menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik cepat merasa bosan dan bahkan tidak memperhatikan pelajaran. (2) penggunaan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament dengan Menggunakan Media Permainan Ludo lebih efektif diterapkan di sekolah SD pada pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, Y., & Napitupulu, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Pembelajaran IPS Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 86-93.

Ekawan, S., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 11-23.

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2(1), 209-217.

Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104-111.

Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.

Lubis, Effi Aswita. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.

McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2018). Research in Education. New York: Longman, Inc. cet II.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugihartono, dkk. (2012) . Psikologi Pendidikan . Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Tindakan Pendekatan Kualitatif dan R & D. Jakarta Bumi Aksara.

Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.

Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.

Wina Sanjaya. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Published
2022-03-29
How to Cite
Sitorus, R. D. A., & Napitupulu, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament Dengan Menggunakan Media Permainan Ludo Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 148-158. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1187