Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD

  • Siti Khayroiyah
  • Safrida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Pembelajaran daring, Media Online

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  bagaimana pembelajaran daring dengan menggunakan media online, pada mata kuliah matematika SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah  mahasiswa PGSD Universitas Muslim Nusantara (umn) Alwashliyah dan yang digunakan semester ganjil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan wawancara yang diberikan dari google form. Angket yang digunakan  berisi pembelajaran, keterampila, penilaian dan beban kerja, bimbingan dan konseling, sumber pembelajaran, standart dan target, dampak umum dan mutu. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan  menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh: mahasiswa masih menyatakan cukup untuk setiap item angket yang diberikan, sehigga masih perlu perbaikan untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas baik. Dan dari hasil wawancara diperoleh lebih efisien dalam penggunaan watshap grup dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran menggunakan media online agar dapat menyesuaikan aplikasi yang sesuai digunakan agar pembelajaran berlangsung dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Harahap, E. R., & Mujib, A. (2021). Efektivitas Block Scheduling dengan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 310-319.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.
Raco. (2010). Penelitian Kualitatif dan Prosedurnya.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Sugiyono (2015). Panduan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Gravindo Bandung.
Sugiyono (2013). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Gravindo Bandung
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Published
2021-12-30
How to Cite
Khayroiyah, S., Napitupulu, S., & Desniarti. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 77-85. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1155