Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa

  • Miftahul Lanna Sari Siregar
  • Rini Hayati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Komunikasi orang tua, Motivasi peserta didik

Abstract

Motivasi peserta didik dapat terbentuk tergantung dengan cara komunikasi yang dilakukan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi orang tua dengan motivasi peserta didik di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 137 siswa, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling atau sampel acak yaitu peneliti hanya mengambil 85 siswa dari 137. Instrument pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket telah diuji Validitas dan Reliabilitasnya, yaitu dengan hasil 35 butir angket yang valid pada angket komunikasi orang tua dan 35 butir angket yang valid pada angket motivasi peserta didik. Teknik uji korelasi yang menggunakan rumus korelasi product moment, dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi antara Komunikasi orang tua (X) dengan Motivasi peserta didik  (Y) sebesar rhitung = 0,371  > rtabel = 0,213. Sesuai dengan interpretasi indeks korelasi product moment maka angka tersebut menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel. Hal ini diperkuat dengan hasil dari uji-t yaitu thitung = 3,642> 1,663. Hasil dari pengujian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Komunikasi orang tua dengan motivasi peserta didik di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2020-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex. (1985). Komunikasi Orang Tua Dan Anak. Bandung: PT. Angkasa
Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depdikbud. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Donni. (2019). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia
Eva. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Muhammad. (2008). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujib, A., & Firmansyah, F. (2021). Trik Matematika untuk Motivasi Siswa Belajar Matematika di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan Johor. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 4, No. 1, pp. 1-11).
Mukhlis, M. A., & Napitupulu, S. (2021). Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 106815 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 138-152.
Noor. (2017). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertai & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group
Onong. (1990). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Widya, W. F. (2021). Analisis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 120-127.
Published
2021-12-30
How to Cite
Lanna Sari Siregar, M., & Hayati, R. (2021). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 68-76. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1154