Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Al Washliyah Tanjung Morawa
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas XI di SMA Al Washliyah Tanjung Morawa, pada saat peneliti berada dilapangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan belajar melalui teknik Homeroom terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini mengunakan desain penelitian pre test dan post test design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI 1 berjumlah 34 siswa di SMA Al Washliyah Tanjung Morawa. Alat pengumpuan data yang digunakan yaitu Angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa menengah keatas (SMA) sebelum diberikan layanan bimbingan belajar melalui teknik Homeroom masuk dalam kategori sedang yaitu 65%. Setelah diberikan layanan bimbingan belajar melalui teknik Homeroom masuk dalam kategori tinggi yaitu 85%. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat peningkatan sebanyak 15% dalam motivasi berprestasi siswa SMA Al Washliyah Tanjung Morawa. Dengan demikian motivasi berprestasi siswa meningkat secara signifikan melalui layanan bimbingan belajar melalui teknik homeroom. Hal ini ditandai dengan siswa mampu untuk mengerjakan tugas-tugas dengan baik,bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan masa depannya,sehingga apa yg di cita-citakannya tercapai,kreatif dan inovatif. Simpulan penelitian adalah layanan bimbingan belajar melalui teknik homeroom berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa kelas XI 1 SMA Al Washliyah Tanjung Morawa. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan layanan bimbingan belajar melalui teknik homeroom secara berkala di sekolah.
Downloads
References
Mulyaningsih. (2016). Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Perilaku Disiplin Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/28310/
Mukhlis, M. A., & Napitupulu, S. (2021). Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri 106815 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 138-152.
Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam tarbiah dan keguruan UIN Raden Intan Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2)
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satria, M., & Ibrahim, S. T. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Di SMPN 12 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Siregar, R. N., Prabawanto, S., Suparni, S., & Mujib, A. (2022). Faktor Teman Sebaya Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di Iain Padangsidimpuan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 95-104.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Thorifah, S. B. A. A., & Darminto, E. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11-18.
Widya, W. F. (2021). Analisis Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar Berbasis Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 120-127.
Wijaya, R. (2018). Hasil Wawacara Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar.
Wirawan, I. K. J., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 160-169. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/15485