Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai

  • Nursyahria Hijjah
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Media Scrapbook, Cerpen, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media scrapbook pada materi cerpen, serta mengetahui respon guru terhadap  pengembangan media scrapbook  pada materi cerpen . Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian ini  adalah jenis pengembangan Researchand Development (R&D), Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model menurut Sugiyono (2010) dengan 6 tahap. Yaitu Tahap Potensi dan Masalah, Tahap Pengumpulan data, Tahap Desain Produk, Tahap Validasi Desain, Tahap Revisi Desain, Tahap Uji Coba Produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui wawancara dan menyebarkan angket (kuesioner). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara dan menyebarkan angket  dengan melalui  instrument  skala Guttman  yang  memberikan jawaban  “ya atau tidak”. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti  yaitu Teknik  analisis Data deskriptif Kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Huck, Charloot S, Susan H dan Janes H. (1987). Children’s Literatur in The Selementary School. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Sadiman, Dkk. (1984). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan
Manfaatnya, (Jakarta: Pustekom Dikbud An PT. Raja Grafindo Persada).
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Sugiyono. (20110). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran Ipa Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.
Published
2021-12-30
How to Cite
Hijjah, N., & Bahri, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 24-32. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1150