Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media scrapbook pada materi cerpen, serta mengetahui respon guru terhadap pengembangan media scrapbook pada materi cerpen . Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian ini adalah jenis pengembangan Researchand Development (R&D), Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model menurut Sugiyono (2010) dengan 6 tahap. Yaitu Tahap Potensi dan Masalah, Tahap Pengumpulan data, Tahap Desain Produk, Tahap Validasi Desain, Tahap Revisi Desain, Tahap Uji Coba Produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui wawancara dan menyebarkan angket (kuesioner). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara dan menyebarkan angket dengan melalui instrument skala Guttman yang memberikan jawaban “ya atau tidak”. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu Teknik analisis Data deskriptif Kualitatif.
Downloads
References
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Huck, Charloot S, Susan H dan Janes H. (1987). Children’s Literatur in The Selementary School. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Sadiman, Dkk. (1984). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan
Manfaatnya, (Jakarta: Pustekom Dikbud An PT. Raja Grafindo Persada).
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Sugiyono. (20110). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran Ipa Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.