Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa

  • Agung Prakoso
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap meningkatkan minat belajar siswa di SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 di SMA Swasta Nur Azizi yang berjumlah 35 siswa, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK disekolah tersebut terdapat 10 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Instrument pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket telah diuji Validitas dan Reliabilitasnya, yaitu dengan hasil 37 butir angket yang valid pada angket minat belajar . Teknik uji analisis yang digunakan uji Paired Sample T-Test, dari hasil perhitungan diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 . Sesuai dengan interpretasi indeks korelasi product moment maka angka maka menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna dari pemberian perlakuan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan variabel yang diterapkan pada sampel, yaitu meningkatkan motivasi berprestasi. Dengan demikian terdapat pengaruh perubahan yang bermakna dari pemberian Layanan bimbingan kelompok terhadap meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMA Swasta Nur Azizi Tahun Pelajaran 2020-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aprilia, E. N., & Anshor, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SD NEGERI 107826 Pematang Sijonam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 107-119.
Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Donni, J. P. (2019). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia
Depdikbud. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group
Husna, L., Handayani. E. S. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Mts Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 4.1. 35-39.
Istriani, & Pulungan, I. (2019). Ensiklopedi Pendidikan Jilid 1. Media Persada Medan
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Prayitno & Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada SDN 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Tim UMN Al Washliyah. (2021). Pedomen Penulisan Skripsi Mahasiswa FKIP Al Washliyah Medan. UMN Al-Washliyah.
Published
2021-12-30
How to Cite
Prakoso, A., & Lisma, E. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 17-23. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1149