https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/issue/feedEDULITERA2023-09-18T07:24:29+00:00LPPM UMNAWlppumnaw@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal EduLitera</strong> merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah. Jurnal ini khusus memuat kajian ilmiah yang berkaitan dengan bahasa, pendidikan bahasa, sastra Indonesia serta pendidikan sastra Indonesia. Jurnal ini dapat mendukung kegiatan keilmiahan bagi mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa UMN Al Washliyah, guru – guru bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Daerah juga para dosen UMN Al Wasliyah, dosen dari Luar UMN Al Wasliyah, bahkan dari luar Provinsi dan luar Negeri. Jurnal EduLitera mewadahi penelitian dan artikel artikel ilmiah yang memenuhi syarat format penulisan jurnal Edulitera ( terlampir di halaman belakang ) Artikel artikel yang diterima oleh Edulitera direview oleh dosen – dosen yang berpengalaman, untuk melihat keseuaian isi, keterbaruan dan format dari artikel yang masuk. Keberadaan jurnal Edulitara diharapkan menambah kajian kajian Bahasa, pendidikan bahasa, sastra, pendidikan sastra Indonesia dan bahasa Daerah.Dengan terus mengembangkan diri untuk menjawab kemajuan perkembangan Ilmu Pengetahuan. Jurnal ini diberi nama Edu Litera dan telah memiliki ISSN versi cetak dengan nomor P-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1546474199&1&&">2655-7657</a></p> <p style="text-align: justify;">Editor's Address: Syeikh H. Muhammad Yunus Campus, Jl. Gedung Arca, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20216 website. lp2m-umnaw.ac.id</p>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2485Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara2023-09-18T07:24:28+00:00Ahmad Kamalahmadkamal@umnaw.ac.idLisa Septia Dewi Br. Ginting lisaseptiadewi@umnaw.ac.id<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui nilai-nilai pendidika yang terkandung dalam film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara (2016). Penelitian ini digunakan metode Deskriptif kualitatif yaitu penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan secara akurat dan sistematis seiring dengan fakta. Subjek penelitian ini adalah Dialog Film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara Film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara (2016), Berdasarkan hasil penelitian dalam film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara terdapat 12 nilai-nilai pendidikan karakter adalah sebagai berikut: relegius, Jujur, sikap toleransi terhadap agama, Cinta Damai, gemar membaca, peduli terhadap lingkungan, dan peduli sosial. Film ini sangat kontras dengan budaya dan adat di Indonesia. Disajikan dengan sangat realistis dan natural, sama seperti keadaan daerah Timur Indonesia secara nyata. Film ini cukup berhasil menyajikan keadaan sosial budaya serta permasalahan permasalahan agama di Indonesia, tanpa menyinggung golongan-golongan tertentu bahkan tanpa menggurui, karena memang film ini disajikan dengan santai. Banyak sekali pesan baik lainnya yang disampaikan di dalam film ini, sikap survivor, tabah tanpa mengeluh, pantang menyerah, dan sikap problem solving yang baik yang dimiliki oleh Aisyah membuat kita dapat berkaca pada sosok Aisyah sebagai calon pendidik yang baik. Film drama tentang seorang guru yang pantang menyerah ini mengajarkan kita soal pesatuan dalam perbedaan, pentingnya toleransi tanpa membedakan agama dan ras, dan sarat sekali dengan pendidikan. Apalagi dikemas dengan gaya yang santai, membuat film ini inspiratif, menarik dan menyenangkan untuk dinikmati ceritanya</p>2023-09-18T05:30:54+00:00Copyright (c) 2023 EDULITERAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2490Pemerolehan Bahasa Pada Anak2023-09-18T07:24:29+00:00Ainun Habibihabibiainun@gmail.comNirmawanirmanirma90@gmail.com<p>Penelitian ini tentang proses pemerolehan bahasa yang dibatasi pada pemerolehan bahasa pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis proses pemerolehan bahasa pada anak usia 0-6 tahun. Data diambil menggunakan metode deskriptif dan dengan mengambil data dari wawancara langsung terhadap orang tua anak, dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Hasil yang didapat dari penelitian ini disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak yaitu : pertama lingkungan rumah, kedua lingkungan sekolah dan ketiga lingkungan bermain.</p>2023-09-18T06:55:42+00:00Copyright (c) 2023 EDULITERAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2491Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Cermin2023-09-18T07:24:29+00:00Jihan Purnamanda Br.Sinuhajijihanpurnamanda@gmail.comAbdullah Hasibuanabdullahsb85@gmail.com<p>Penelitian ini bertitik tolak dari masalah bagaimana menerapkan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Cermin. Hal ini didasari karena menulis puisi di kalangan siswa biasanya dianggap sebagai suatu hal yang rumit dan membingungkan. Sebagian siswa biasanya bingung dalam menentukan objek tulisan, sebagian lagi karena siswa kesulitan mengembangkan daya imajinasi. Untuk mengetahui hal ini, peneliti mencoba menerapkan penggunaan media audiovisual, khususnya lagu dalam bentuk instrumentalia sebagai salah satu cara membangkitkan keterampilan siswa agar menyukai pembelajaran menulis puisi sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi. Lagu yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berjudul “<em>Bunda” </em>(Melly Goeslaw) dan “<em>Ibu</em>” (Iwan Fals). Dalam penelitian ini, memberikan tema kepada siswa tentang “Ibu”. Alasan peneliti memberikan tema tersebut untuk menjadikan siswa memiliki rasa cinta, nilai rasa hormat, dan nilai rasa sayang terhadap orang tua, khususnya ibu. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, peneliti berharap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Cermin meningkat. Hal ini ditandai dengan pemerolehan nilai siswa yang meningkat daripada sebelumnya secara signifikan.</p>2023-09-18T07:05:15+00:00Copyright (c) 2023 EDULITERAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2492Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal2023-09-18T07:24:29+00:00Rista Iriantiriantyrista07@gmail.comAbdullah Hasibuanabdullahhsb85@gmail.com<p>Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal yang berperan dalam membentuk pendidikan karakter. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya memuat materi yang mengandung aspek-aspek kehidupan manusia sehari- hari. Aspek tersebut mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga negara yang cinta damai. Menggali dan melestarikan berbagai unsur kearifan lokal, tradisi dan pranata lokal, termasuk norma dan adat istiadat yang bermanfaat, dapat berfungsi secara efektif dalam pendidikan karakter, sambil melakukan kajian dan pengayaan dengan kearifan-kearifan baru. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dipadu dengan pembelajaran Bahasa Indoensia sangatlah cocok. Hal ini sesuai dengan tujuan Bahasa Indoensia yaitu agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah sosial yang terjadi dikehidupan siswa, sesuai dengan kemampuan belajarnya.</p>2023-09-18T07:12:10+00:00Copyright (c) 2023 EDULITERAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2493Pemerolehan Bahasa Pada Anak2023-09-18T07:24:29+00:00WirandahMwiranda805@gmail.comNirmawanirmanirma90@gmail.com<p>Penelitian ini tentang proses pemerolehan bahasa yang dibatasi pada pemerolehan bahasa pada anak 0-12 Bulan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis proses pemerolehan bahasa pada anak usia 0-12 Bulan. Upaya mengetahui teori-teori yang membahas pemerolehan bahasa Data diambil menggunakan metode deskriptif dan dengan mengambil data dari wawancara langsung terhadap orang tua anak, dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Hasil yang didapat dari penelitian ini disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak yaitu : lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar</p>2023-09-18T07:23:59+00:00Copyright (c) 2023 EDULITERA