PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI TIMETABLES UNTUK PENYUSUNAN PENJADWALAN

Main Article Content

Eri Saputra
Samsul Bahri

Abstract

Instansi pendidikan mulai dari TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA tidak lepas dari penjadwalan mata pelajaran di tiap semester ataupun di awal tahun ajaran baru. Inti dari penjadwalan adalah mengatur sumberdaya tenaga pendidik, ruang kelas, siswa dan waktu agar tidak berbenturan. Penjadwalan yang sukses adalah awal dari kelancaran kegiatan akademik. Penjadwalan mata pelajaran manual membutuhkan waktu yang lama dan lebih rumit. Aplikasi timetabel digunakan dalam proses penyusunan penjadwalan akademik sekolah. Metode yang digunakan dalam Pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan praktik. Pada program pengabdian yang akan dilakukan tim menggunakan salah satu aplikasi pembuatan penjadwalan mata pelajaran yaitu program aSc TimeTables. Program aSc TimeTables ini menggunakan platform windows dan program ini juga tergolongan ringan dan lebih cepat. Program ini juga didesain untuk mengatasi pembuatan penjadwalan yang lebih rumit. Hasil dari pengabdian ini, peserta dapat menyusun jadwal dengan menggunakan aplikasi aSc TimeTables.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputra, E., & Bahri, S. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI TIMETABLES UNTUK PENYUSUNAN PENJADWALAN . Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 157-162. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v5i2.973
Section
Articles

References

Bakir, M.A., Aksop, C. (2008). Integer Programming Approach To A University Timetabling Problem. Journal Of Mathematics and Statistics. 37(1). 41-55
Laksono, A.T., Utami, M.C., Sugiarti, Y. (2016). Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta). Studia Informatika : Jurnal Sistem Informasi. 9(2). 177-188
Nugraha, M., Nugraha, Y. (2018). Selamat Tinggal Bentrok! Efisiensi Pengelolaan Jadwal Kuliah dengan SIMDRaW (Sistem Informasi Manajemen Dosen, Ruang dan Waktu). Fountain of Informatics Journal. 3(1). 24-29
Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan. Peraturan Nomor 18 Tahun 2007. Jakarta
Purnomo, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Distribusi Data Dari Aplikasi ASC Timetable Menuju Aplikasi Siakad. Indonesian Journal of Applied Informatics. 4(1) 47-54
Puspaningrum, W.A., Djunaidy, A., Vinarti, R.A. (2013). Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika di Jurusan Sistem Informasi ITS. Jurnal Teknik Pomits. 2(1). A127-A131.
Rudova, H. (2015). University Course Timetabling: From Theory to Practice. In Multidisciplinary International Scheduling Conference
Sani, H.M., Yabo. M.M. (2016). Solving Timetabling Problems using Genetic Algorithm Technique. International Journal Computer Applications. 134(15). 33-38
Sari, Y., Alkaff, M., Wijaya, E.S., Soraya, S., Kartikasari, D.P. (2019). Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika dengan Teknik Tournament Selection. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 6(1). 85-92
Setia, L.D. (2017). Implementasi Sistem Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Informatika. 2(1). 117-120
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Yulistiana, M., Chaerani, D., Lesmana, E. (2015). Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus : Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014). Jurnal Matematika Integratif. 11(1). 45-64