PENDAMPINGAN GURU SMK UNTUK MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN PEMBELAJARAN ERA NER NORMAL DI SMK SWASTA 3 AL WASHLIYAH KOTA MEDAN

Main Article Content

Firmansyah Firmansyah
Asnarni Lubis

Abstract

Kegiatan pengabdian didasarkan dengan kebutuhan mitra dalam mengembangkan pembelajaran. Mitra adalah salah satu sekolah kejuruan dibidang akuntansi, mitra yang memiliki ruang kelas sebanyak 10 ruangan dan gedung yang bergabung dengan jenjang pendidikan MTs, SMK dan STM Al Washliyah lainnya, sehingga mitra harus berbagi lapangan olahraga dan lapangan parkir kendaraan. Selama pandemi Covid 19, banyak kendala yang dihadapi bara guru, terutama dalam memaparkan pembelajaran dan magang yang harus dilaksanakan. Hasil observasi dan wawancara diketahui para guru di lokasi mitra belum mencapai pembelajaran yang menyenangkan, sehingga pengalaman pertama mengalami melaksanakan pembelajaran online. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan menggunakan metode MASTER Learning dengan memfokuskan pergenalan proses pembelajaran yang tepat, sehingga guru mampu memberikan materi hingga mengevaluasi kegiatan siswa sesuai kondisi lingkungan siswa. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa faktor utama dalam pengukuran pemahaman guru dalam melaksanakan pendidikan vokasi untuk SMK Swasta 3 Al Washliyah, artinya guru belum mampu memahami dengan baik bagaimana mandiri mengajar untuk siswa-siswa kejuruan dan belum mampu mengkaitkan setiap permasalahan dalam lingkungan menjadi materi yang harus dipecahkan oleh siswa, dengan demikian era new normal bukan lagi menjadi ajang pembelajaran yang harus tergantung kepada yang diharapkan namun mengembangkan kegiatan sesuai kebutuhan siswa dan lulusan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firmansyah, F., & Lubis, A. (2021). PENDAMPINGAN GURU SMK UNTUK MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN PEMBELAJARAN ERA NER NORMAL DI SMK SWASTA 3 AL WASHLIYAH KOTA MEDAN. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 72-76. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v5i1.699
Section
Articles