PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMASARAN PRODUK SIRUP MARKISA MELALUI INTERNET MARKETING

Main Article Content

Khoirul Ngibad
Nambi Sembilu
Khotmil Ula

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 ini, penerapan internet marketing untuk meningkatkan penjualan harus dilakukan oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Pemasaran secara internet dapat dilakukan menggunakan perangkat elektronik/internet dan media pemasaran online, seperti: website/blog, media sosial (instagram, whatsapp, telegram, line, twitter, dan facebook) dan youtube. Di Desa Jatikalang terdapat UMKM yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa. Dalam program PKM (Program Kemitraan Masyarakat), yang kami pilih adalah 1 mitra usaha yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa. Berdasarkan hasil observasi, mitra ini belum mengetahui cara pemasaran menggunakan internet marketing untuk pemasaran produk secara online ke seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat akan memberikan pelatihan dalam pemasaran produk sirup markisa melalui internet marketing, yang meliputi: website, fanspage, youtube dan instagram. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari menggunakan beberapa metode, meliputi: penyampaian informasi tentang pentingnya penerapan internet marketing dalam aspek pemasaran dan pelatihan penggunaan website, fanspage, instagram dan youtube untuk pemasaran produk sirup markisa secara online.  Pelatihan internet marketing dengan mitra UMKM yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa dapat diselenggarakan dengan lancar dan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra dalam penerapan internet marketing (pemasaran secara internet) untuk meningkatkan omset dan income.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ngibad, K., Sembilu, N., & Ula, K. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DALAM PEMASARAN PRODUK SIRUP MARKISA MELALUI INTERNET MARKETING. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 32-39. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v5i1.690
Section
Articles