Pelatihan E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Pada SD Negeri 067250 Medan
Main Article Content
Abstract
Telah dilakukan pengabdian masyarakat di UPT SD Negeri 067250 Mabar Medan Deli. Permasalahan yang terdapat disini adalah terjadinya minimnya pengetahuan para guru dalam hal penggunaan e-commerce dan banyaknya persaingan produk yang sama dari UMKM menjadi permasalahan khusus pada mitra. Salah satu solusi permasalah tersebut adalah dengan memanfaatkan e-commerce diera digital ini untuk mengembangkan produk UMKM mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah pada kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut: (1) Metode ceramah untuk tahap pengenalan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce (2) Metode diskusi untuk tahap pemahaman kewirausahaan dan penggunaan e-commerce. Efektivitas kegiatan diukur dengan memberikan kuisoner kepada peserta. Hasil yang diperoleh persentase peningkatan pengetahuan dari proses edukasi ini terlihat dari data pengisian kuisioner 90% menunjukkan sangat setuju dan 10% menunjuk setuju terhadap materi edukasi yang diberikan, hal ini menunjukkan kegiatan ini sangat bermanfaat. Melalui kegiatan ini para guru SD Negeri 067250 diharapkan dapat lebih mandiri dalam mengelolah UMKM mereka sendiri maupun UMKM yang dimiliki oleh sekolah itu sendiri supaya nantinya dapat lebih berkembang dan meningkatnya laba dari UMKM tersebut.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.