Pelatihan E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Pada SD Negeri 067250 Medan

Main Article Content

Wan Dian Safina
Henny Andriyani Wirananda
Yayuk Yuliana

Abstract

Telah dilakukan pengabdian masyarakat di UPT SD Negeri 067250 Mabar Medan Deli. Permasalahan yang terdapat  disini adalah terjadinya minimnya pengetahuan para guru dalam hal penggunaan e-commerce dan banyaknya persaingan produk yang sama dari UMKM menjadi permasalahan khusus pada mitra.  Salah  satu  solusi  permasalah  tersebut  adalah  dengan  memanfaatkan e-commerce diera digital ini untuk mengembangkan produk UMKM mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan  metode pendekatan   yang   ditawarkan   untuk    menyelesaikan   masalah   pada kegiatan  pengabdian  ini  adalah  sebagai  berikut:  (1)  Metode  ceramah  untuk  tahap pengenalan kewirausahaan dan penggunaan e-commerce (2)   Metode diskusi untuk   tahap   pemahaman  kewirausahaan dan penggunaan e-commerce. Efektivitas kegiatan diukur dengan memberikan kuisoner kepada peserta. Hasil yang diperoleh persentase peningkatan pengetahuan dari  proses  edukasi  ini  terlihat dari  data  pengisian  kuisioner  90%  menunjukkan  sangat  setuju  dan 10% menunjuk setuju terhadap materi edukasi yang diberikan, hal ini menunjukkan kegiatan ini sangat bermanfaat. Melalui  kegiatan  ini para guru SD Negeri 067250 diharapkan dapat lebih mandiri dalam mengelolah UMKM mereka sendiri maupun UMKM yang dimiliki oleh sekolah itu sendiri supaya nantinya dapat lebih berkembang dan meningkatnya laba dari UMKM tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safina, W. D., Wirananda, H. A., & Yuliana, Y. (2024). Pelatihan E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Pada SD Negeri 067250 Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 153-157. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v8i1.2771
Section
Articles