Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Fisika

Main Article Content

Mawarni Saputri
Nurulwati Nurulwati
Susanna Susanna
Musdar Musdar

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning ((PjBL) dibutuhkan perangkat pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka saat ini. Guru sebagai pendidik harus menciptakan dan menyusun rencana pembelajaran yang dapat mengasah serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun, sebagian besar masalah yang dihadapi oleh guru-guru fisika di wilayah Aceh Barat Daya adalah ketidakmampuan mereka dalam mengembangkan dan menerapkan perangkat pembelajaran yang berbasis PjBL (Project-based Learning) dalam kegiatan pembelajaran di ruang kelas. Oleh sebab itu, dilakukan workshop bagi guru fisika SMA Aceh Barat Daya sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk melatih guru dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PjBL. Metode pelaksanaan yakni analisis situasi, identifikasi masalah, metode ceramah, metode diskusi dan metode tutorial. Hasil capaian yang diperoleh setelah pelaksanaan workshop yaitu terjadi peningkatan persepsi guru (pengetahuan, keterampilan, sikap) terhadap perangkat pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan hasil rata-rata persentase keterampilan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek yaitu tergolong cukup baik sehingga perlu adanya pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan agar dapat mencapai kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputri, M., Nurulwati, N., Susanna, S., & Musdar, M. (2024). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Fisika. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i2.2616
Section
Articles