Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Fisika
Main Article Content
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning ((PjBL) dibutuhkan perangkat pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka saat ini. Guru sebagai pendidik harus menciptakan dan menyusun rencana pembelajaran yang dapat mengasah serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Namun, sebagian besar masalah yang dihadapi oleh guru-guru fisika di wilayah Aceh Barat Daya adalah ketidakmampuan mereka dalam mengembangkan dan menerapkan perangkat pembelajaran yang berbasis PjBL (Project-based Learning) dalam kegiatan pembelajaran di ruang kelas. Oleh sebab itu, dilakukan workshop bagi guru fisika SMA Aceh Barat Daya sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk melatih guru dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis PjBL. Metode pelaksanaan yakni analisis situasi, identifikasi masalah, metode ceramah, metode diskusi dan metode tutorial. Hasil capaian yang diperoleh setelah pelaksanaan workshop yaitu terjadi peningkatan persepsi guru (pengetahuan, keterampilan, sikap) terhadap perangkat pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan hasil rata-rata persentase keterampilan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek yaitu tergolong cukup baik sehingga perlu adanya pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan agar dapat mencapai kategori sangat baik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.