Pendampingan Penyusunan Best Practice Bagi Guru PAUD Di Kota Semarang
Main Article Content
Abstract
Guru PAUD masih memiliki kemampuan dan pengetahuan yang masih kurang dalam menulis artikel ilmiah yang baik. Guru PAUD masih banyak yang belum membuat best parctice. Sehingga, pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan keterampilan menulis bagi guru PAUD, melalui pendampingan penyusunan best practice bagi guru PAUD. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa pendampingan menulis best practice yang dilaksanakan secara daring dan luring (on-in-on) secara bertahap dan berkesinambungan dengan 16 guru PAUD perwakilan dari tiap Kecamatan di wilayah Kota Semarang. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui daring via zoom meeting dengan memberikan materi penyusunan dan sistematika best practice dan kegiatan luring di Kampus Sekaran UNNES Gunungpati. Kegiatan pendampingan berupa konsultasi artikel dan submit artikel best practice. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar dan berhasil membuahkan artikel yang disusun oleh guru dan disubmit dalam jurnal terindeks sinta. Selain itu merujuk pada indikator keberhasilan kemampuan guru dalam memahami karya ilmiah dan kemampuan dalam menyusun karya ilmiah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest dan posttest guru mengalami kenaikan nilai sebesar 17 dari nilai rata-rata pretest sebesar 69 dan nilai rata-rata posttest sebesar 86. Forum guru dapat mengembangkan dan memberikan program yang mendukung kemampuan menulis guru PAUD, sehingga semakin banyak guru PAUD yang membagikan praktik baik melalui penulisan best practice.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.