PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN KOMPETENSI GURU MELALUI WORKSHOP PEMBUATAN RPP-UNIK

Main Article Content

Wustari L. Mangundjaya
Iris Yolanda B. Tutuarima

Abstract

Untuk dapat memeroleh peserta didik yang cerdas, dan memiliki wawsan kebangsaan, maka diperlukan adanya program pemberdayaan dan pendidikan yang menarik disesuaikan dengan kondisi karakteristik individu masing-masing.  Untuk itu, seorang pendidik dalam hal ini guru harus mampu menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan persiapan guru sebelum melakukan proses ajar mengajar.  Dalam hal ini, dengan memerhatikan bahwa kreativitas dan inovasi peserta didik harus dikembangkan, maka guru juga harus mampu mengembangkan RPP yang progresif, yaitu yang memerhatikan kondisi dari peserta didik, yang disebut dalam program ini sebagai RPP-Unik.  Program pembuatan RPP-Unik ini adalah merupakan program pengembangan organisasi dan kompetensi yang dilakukan pada salah sebuah sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Depok, dengan jumlah partisipan 20 orang guru.  Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop, yang terbagi ke dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu: 1) Workshop Rancangan RPP-Unik, 2) Penugasan pembuatan RPP-Unik dan 3) Evaluasi Rancangan RPP-Unik.  Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa partisipan merasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan perannya sebagai guru dan menginginkan untuk ada program lanjutannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mangundjaya, W. L., & Tutuarima, I. Y. B. (2023). PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN KOMPETENSI GURU MELALUI WORKSHOP PEMBUATAN RPP-UNIK . Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 234-241. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.2332
Section
Articles