Parenting Class: Peran Resiliensi Untuk Meningkatkan Parental Well-Being Pada Orangtua Generasi Z
Main Article Content
Abstract
Orang tua yang memiliki anak generasi Z harus memperhatikan pengasuhan yang sesuai dengan karakteristik generasi Z agar tujuan pengasuhan dapat tercapai. Generasi Z ini merupakan generasi yang terbiasa dengan teknologi sehingga berpengaruh terhadap pengasuhan generasi ini yang tidak bisa disamakan dengan generasi lainnya. Kondisi ini menimbulkan stress dalam pengasuhan dan mempengaruhi kondisi Psikologis orang tua. Kebutuhan dari pihak mitra adalah kegiatan edukatif dan informatif yang dapat meningkatkan pemahaman mengenai pengasuhan pada generasi Z. Adanya kebutuhan mitra ini menjadi landasan utama kegiatan parenting class terhadap pentingnya resiliensi dalam peningkatan parental well-being pada orang tua generasi Z. Kegiatan parenting class merupakan bentuk kegiatan pelatihan pada orang tua yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan orang tua dalam pengasuhan melalui peran resiliensi pada orang tua. Metode pelaksanaan pengabdian ini berbentuk pelatihan dengan metode ceramah, dan diskusi. Hasil uji analisis dilakukan berdasarkan jawaban pretes dan postes peserta. Uji analisis menunjukkan adanya perbedaan kesejahteraan pengasuhan orang tua generasi Z setelah diberikan parenting class (t= 4,390, p= 0,002). Hasil analisis menunjukkan bahwa parenting class efektif untuk meningkatkan kesejahteraan dalam pengasuhan pada orang tua generasi Z. Adanya pelatihan peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam pengasuhan memberikan kesadaran dan keyakinan diri pada orang tua untuk dapat menerapkan pengasuhan efektif pada generasi Z.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.