PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK DONAT MERCON MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Main Article Content

Dhea Rahmadani Purba
Henny Andriyani Wirananda

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mempunyai peran penting untuk membantu perekonomian daerah atau suatu Negara.UMKM di Indonesia sangat diperhitungkan karena membantu pertumbuhan ekonomi.Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan ide berjualan di Desa Bingkat atau dilapak yang telah disediakan.Produk yang akan dibuat adalah donat toping pedas dan gurih atau disebut dengan Donat Setelah dilaksanakanya pelatihan dengan metode pre test, Pemberian Materi, Pelatihan dan post test, warga mendapatkan hasil yaitu mengetahui metode cara pembuatan donat dengan toping pedas dan gurih, mengetahui cara perhitungan biaya produksi. Selain itu juga masyarakat tergerak untuk menjual donat mercon karena masih minimnya persaingan, sehingga masyarakat memiliki kesempatan yang baik untuk berjualan Donat Mercon dikarenakan produk ini belum ada dijual dimanapun dan baru ini ada produk donat dengan toping pedas dan gurih,karena biasanya donat akan disajikan dengan toping manis.Bahan baku yang digunakan untuk membuat donat bisa tepung terigu,kentang atau ubi ungu.Untuk meminimalisir biaya produksi,donat yang biasa berbahan baku tepung terigu,kini bisa dibuat menggunakan kentang atau ubi ungu yang ditanam sendiri,dengan toping yang sama yaitu pedas dan gurih,cabai juga bisa ditanam sendiri agar menghemat pengeluaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purba, D. R., & Wirananda, H. A. (2023). PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK DONAT MERCON MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 189-195. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i1.2187
Section
Articles